Sabtu, 24 November 2012

Sup Kerang Bumbu Kunci

Lapeeerr.. Lapeerr.. Lapeerr...
Nah... ini rasa yg selalu saya rasakan kalo melihat dan mencium bau dari masakan yang satu ini... Apa lagi kalo buatan Ibu.. Yummiiii.... semua penghuni rumah dikit-dikit dekat-dekat meja makan.. hehe,...
Nah supaya agan-aganwati bisa jga tau rasanya... ini dia resepnya... simple aja koq....

Bahan :
  • Kerang yang masih ada cangkangnya  (ukuran sedang) jenisnya persis kaya gambar di poto (ga tau itu jnis apa)
  • Bawang merah dan bawang putih, diiris tipis atau bisa juga ditumbuk halus
  • Tomat, iris tipis
  • Temu Kunci (bukan kunci inggris loh ya .. apalagi kunci kontak, ini rempah kunci) kurleb 2 cm, kupas, iris tipis
  • Daun salam 2 lembar
(kalau suka pedas bisa ditambah cabai, secara pribadi saya suka pedas. Tapi untuk kali ini saya sengaja ga pake cabe karena … pingin aja teeheehee … )


Cara buat :
  • Cuci bersih kerang (Nah... mencuci kerang tentu aja bukan dikucek.. tapi harus disikat satu persatu supaya lumpur yang menempel dicangkangnya bisa hilang dan kerang dimasak dengan kondisi bersih.. emang agak ribet.. tapi tetep aja.. harus telaten.. kan mau makan enak... hehehe )
  • Masukkan kerang ke dalam air. Beri daun salam. Kemudian rebus hingga cangkang kerang terbuka. (tips : ga perlu nunggu terbuka sempurna, asalkan sudah mudah dibuka cangkangnya, itu sudah cukup)
  • Buang air bekas rebusan kerang. (daun salamnya juga dibuang)
  • Tiriskan kerang
  • Masak air hingga panas kemudian masukkan bawang merah, bawang putih, tomat dan kunci.
  • Setelah mendidih, masukkan kerang. Masak 10-15 menit
  • Sebelum diangkat, tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya. ( kadang orang pake gula.. tapi pribadi saya gak suka manis jd yah diganti penyedap rasa aja)
  • Finish. Sup siap dinikmati
Anyway, foto sup kerang di atas bukan hasil karya saya, tapi nyomot di web lain he he he .. saya ga sempet moto2 sup kerang saya yang secara penampilan dan rasa sederhana banget he he he ..

0 komentar:

Posting Komentar

FB Comment

 

©2009CATATAN KECILKU | by TNB